Tuesday, September 12, 2017

Waspada Infeksi Bakteri Pada Penderita Maag

Maag adalah salah satu masalah pencernaan yang sering diremehkan. Sebenarnya, borok yang sudah kronis dan tidak diobati, berpotensi memicu infeksi bakteri.

Dari hasil satu penelitian, Indonesia melaporkan bahwa satu dari lima pasien dengan borok kronis memiliki potensi infeksi bakteri alami karena kuman H. pylori. Penyebaran kuman ini disebabkan oleh dua faktor.

"Dari hasil penelitian terhadap 1.100 pasien, Dr. Ari bersama dengan Profesor Yoshio Yamaoka dari Universitas Iota, Jepang menemukan prevalensi H. pylori di Indonesia sebesar 22,1 persen. dua faktor risiko dominan untuk infeksi bakteri, "kata spesialis penyakit Dr. Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD-KGEH, Selasa 12 September 2017.

Menurut Ari, suku dominan memiliki kuman, berada di dalam tubuh orang-orang dengan suku Batak. Dia melanjutkan, faktor makanan itu sendiri tidak banyak berpengaruh dibanding suku Batak.

"Telah diamati bahwa kuman ini tidak ada hubungannya dengan makanan, dan faktor genetik yang menentukan kuman pylori didominasi oleh suku Batak. Alasan di balik ini belum diketahui, namun penelitian kami melihat suku Batak lebih banyak. beresiko "katanya.

Selain itu, sumber air yang digunakan untuk konsumsi sehari-hari juga berperan penting dalam penyebaran kuman ini. Dimana sumber air dari sungai dan sumur, lebih mendominasi tingkat perkembangbiakan H. pylori yang tinggi.

Ari menganjurkan agar orang yang mengalami maag disertai dua faktor risiko untuk lebih waspada dalam menjaga kesehatan tubuh mereka sehat itu aku.

"Karena itu, jika ada gastritis kronis, periksalah apakah sudah kuman jenis ini atau tidak, bahaya jika tidak terkontrol, kuman akan menjadi kanker lambung," katanya.

No comments:

Post a Comment